Sabtu, 12 November 2016

Keseimbangan Ekosistem

A. Pengertian Ekosistem dan Komponennya

     Ekosistem adalah hubungan saling mempengaruhi atau timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dibentuk oleh komponen-komponen makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik).
 
Komponen biotik terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Komponen biotik dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
1. Produsen, disebut organisme autotrof. Artinya organisme yang mampu menghasilkan makananya sendiri. Yang termasuk organisme autotrof adalah tumbuhan hijau, karena mampu melakukan fotosintesis.
Hasil gambar untuk tumbuhan hijau
2. Konsumen, disebut organisme heterotrof. Artinya organisme yang tidak mampu menghasilkan sendiri makanan di dalam tubuhnya. Mereka mendapatkan zat-zat organik yang telah dibentuk oleh produsen, atau dari konsumen lain yang menjadi mangsanya. Yang termasuk ke dalam golongan ini adalah hewan dan manusia.
 Hasil gambar untuk hewan dan manusia.
3. Dekomposer, yaitu organisme yang mampu menguraikan zat-zat organik dari bangkai yang telah mati. Contohnya adalah bakteri, jamur dan mikroba.
Hasil gambar untuk bakteri, jamur dan mikroba.
Komponen abiotik adalah semua faktor penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda mati, antara lain : cahaya matahari, suhu, oksigen, air, tanah dan dsb. Cahaya matahari merupakan sumber energi dari semua organisme yang ada.
Dalam sebuah ekosistem terdapat satuan-satuan makhluk hidup, meliputi:
1. Individu, yaitu satuan terkecil dari makhluk hidup atau disebut juga satuan makhluk hidup tunggal.
 Hasil gambar untuk individu biologi
2. Populasi, yaitu kelompok makhluk hidup yang sejenis dan menempati daerah tertentu.
 Hasil gambar untuk populasi
3. Komunitas, yaitu sekumpulan populasi yang mendiami wilayah tertentu.
Hasil gambar untuk komunitas hewan dalam biologi
4. Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
5. Bioma, yaitu kumpulan dari ekosistem dalam suatu wilayah tertentu. Contoh : gurun, padang rumput, savana dan steva.
 Hasil gambar untuk bioma gurun
6. Biosfer, yaitu semua ekosistem yang ada di permukaan bumi.

Hasil gambar untuk biosfer biologi
Dalam ekosistem pasti terdapat interaksi atau hubungan timbal balik antara komponen yang satu dengan yang lain. Interaksi yang terjadi bisa berupa interaksi yang saling menguntungkan, merugikan, atau tidak berpengaruh terhadap satu dengan yang lainnya. Jenis-jenis interaksi tersebut antara lain:
a. Simbiosis, terbagi menjadi tiga jenis : mutualisme (saling menguntungkan) , parasitisme (saling merugikan), komensalisme (yang satu diuntungkan yang lain tidak dirugikan).
b. Kompetisi, yaitu saling bersaing untuk mempertahankan hidup. Contoh : padi dengan gulma.
c. Netralisme, yaitu interaksi antar individu yang saling lepas atau tidak saling mempengaruhi. Contoh : kambing dengan kucing.
d. Predatorisme, yaitu interaksi antar organisme yang satu memakan yang lain. Contoh : harimau memakan rusa.

B.  Faktor Perusak Keseimbangan Ekosistem

    Secara umum, penyebab terganggunya keseimbangan ekosistem dibagi jadi 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

1. Faktor Alam

Faktor alam yang mengganggu keseimbangan ekosistem umumnya berupa bencana alam yang terjadi dan merusak semua komponen penyusun ekositem pada bioma. Beberapa contoh bencana alam tersebut misalnya, gempa bumi (earthquake), banjir, gunung meletus, tsunami, angin topan, tornado, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa beberapa bencana alam sebetulnya merupakan dampak dari pengaruh faktor manusia.

Hasil gambar untuk gunung meletus

2. Faktor Manusia

Faktor manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem terkait erat dengan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan alam. Faktor manusia sangat bisa memicu terjadinya bencana alam, seperti banjir, longsor, perubahan iklim, efek rumah kaca, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun beberapa pengaruh kegiatan manusia terhadap terganggunya keseimbangan ekosistem bisa dikatakan sangat besar. Beberapa contoh dari kegiatan tersebut misalnya:
     a. Penebangan Pohon (Illegal Logging)
Kegiatan penebangan pohon dan pembakaran hutan adalah 2 kegiatan yang menimbulkan kerusakan serius bagi ekosistem hutan. Tidak hanya memicu terjadinya banjir dan longsor, berkurangnya populais pohon telah membuat iklim di bumi berubah. Penebangan pohon membuat tanah tidak lagi terikat dengan benar sehingga mudah longsor, begitupun udara yang tidak lagi dapat didaur ulang sehingga jumlah oksigen semakin menipis. Sementara itu, pembakaran hutan telah membunuh semua organisme yang ada di dalam ekosistem hutan dan meningkatkan potensi terjadinya kabut asap dan pencemaran udara.
Hasil gambar untuk penebangan pohon

b. Perburuan Hewan
Manusia membutuhkan hewan sebagai bahan makanan dan sarana rekreasi. Dalam memperoleh kebutuhan tersebut, sering kali kerakusan manusia membuat keseimbangan ekosistem jadi terganggu. Penggunaan bahan peledak seperti bom ikan, racun, jerat listrik telah membuat rantai makanan di ekosistem hutan berjalan tidak semestinya. 


Hasil gambar untuk perburuan hewan

c. Kegiatan Pertanian
Aktivitas pertanian di era modern ini juga bisa mengganggu keseimbangan ekosistem. Pupuk anorganik yang digunakan untuk mengoptimalkan hasil pertanian telah membuat tanah tercemar secara masif, selain itu pestisida yang digunakan secara berlebihan membuat berbagai organisme penghuni ekosistem sawah menjadi terbunuh dan mati.

d. Pembuangan Limbah
Ratusan milyar manusia di dunia ini, setiap hari pasti melakukan kegiatan menghasilkan sampah dan limbah. Limbah rumah tangga, transportasi, industri, pertanian, jika tidak diolah secara tepat dan cermat tentu akan mengganggu keseimbangan ekosistem sehingga mengancam organisme dan faktor abiotik dalam bioma.



e. Pencemaran Lingkungan
Berbagai jenis pencemaran yang terjadi dalam semua faktor biotik berlangsung selama ini karena faktor manusia. Pencemaran terhadap tanah, pencemaran udara, pencemaran suara, dan pencemaran air adalah beberapa pencemaran yang dilakukan akibat aktivitas manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar